GEOGRAPHY: BIGBANG and STEADYSTATE Theory

kemarin waktu saya mencari ini saya sempat bingung karena semua artikel berbahasa inggris semua .__. (maklum belom lancar)
artikel ini di buat langsung dari catatan sekolah saya.

TEORI BIGBANG

Pengertian
Teori ini berbicara tentang galaksi yang berkembang. Apanya yang berkembang? Yang berkembang adalah ruangannya, ruangan ini bertambah besar dan material (galaksi) di dalamnya semakin jauh jaraknya.
Proses dimana energi yang semakin menjadi sehingga material didalamnya mengalami proses seperti ledakan. Serta menyatakan jarak antar galaksi semakin jauh.

Fakta
Alam semesta terbentuk dari ledakan sangat dahsyat, pada 13,7 Milyar tahun yang lalu. Teori ini di dasarkan pada fakta berikut:
1). Pada tahun 1948, ditemukan energi gelombang elektron magnetik yang mertpakan sisa ledakan sebuah material tertentu yang terjadi dalam kurun 360 tahun sekali.
2). Pada tahun 1964, Edwin Huble mengemukakan bahwa jarak antar galaksi semakin menjauh dari sebuah titik pusat dengan kecepatan lurus. Hal ini mengasumsikan bahwa benda-benda angkasa pernah menjadi satu.

Kelemahan
Kelemahan dari teori ini adalah:
1). Tidak bisa menyebabkan penyebab ledakan yang terjadi.
2). Secara matematis sangat menjelaskan bahwa alam semesta baru berumur 13,7 Milyar tahun yang lalu.

TEORI STEADY STATE

Pengertian
Teori ini menjelaskan bahwa alam semesta itu tidak pernah berawal dan tidak pernah berakhir. Ada material material baru yang menggantikan material lama. Alam semesta juga berada dalam keadaan yang tetap, tidak berubah.
Teori ini dibuat untuk mematahkan teori bigbang. Terlebih tentang jarak antar galaksi yang berubah. Kenapa? Karena kalau jarak antar galaksi berubah manusia atau kita pasti akan musnah. Contoh terdekat, jarak bumi dengan matahari. Penyimpangan terbesar bumi dalam lintasannya selama 365 hanya melenceng 1/2 milimeteran dan itu menyebabkan perubahan cuaca yang cukup extreme. Coba bayangkan bagaimana kalo jarak bumi matahari berubah? 2cm aja dehh.
Kelemahan dari teori ini adalah baik akta maupun bukti belum ditemukan. Namun saya berhipotesa buktinya adalah material-material matahari yang selalu bertambah. Kalau gas hidrogen yang ada di dalam matahari habis, bagaimana nasib kita..?

Cukup sekian pembahasan saya tentang dua teori diatas :D
Nb. Kalau ada kekurangan atau ada kesalahan, mohon di beritahukan melalui comment di bawah Trims.. :)

About these ads
Aside | This entry was posted in Daily School and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to GEOGRAPHY: BIGBANG and STEADYSTATE Theory

  1. Elisa says:

    terimakasih banyak. Sangat bermanfaat. Singkat dan jelas :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s